Catatan kecilku

banyak hal yang dapat kita temui sehari-hari didalam perjalanan hidup ini…..

Cara-Cara Ampuh Untuk Diet

pada Desember 8, 2012

Tips 10 Cara Tepat Mengusir Perut Buncit

Baru-baru ini saya baca wacana di yahoo yang di post tgl 7-12-2012 tentang tips mengusir perut buncit. Monggoh disimak…🙂

Oleh: Erly Susana, Perut buncit bukan hanya mengganggu penampilan. Sejumlah penyakit mengintip di balik gelembung perut yang besarnya tidak proporsional bagi tubuh itu.

Ahli kesehatan dr. Selfie C. Rijal menuturkan, lemak yang menyebabkan kebuncitan pada perut sebenarnya terdiri dari dua macam. Pertama, lemak yang disimpan oleh tubuh di bawah kulit atau yang biasa disebut lemak subkutan (subcutaneous fat). Kedua, lemak yang disimpan oleh tubuh di rongga perut mengelilingi organ-organ dalam perut, yang biasa disebut lemak visceral (visceral fat).

Lemak visceral yang berada di sekeliling perut merupakan sumber asam lemak bebas yang langsung menuju hati melalui vena porta (vena besar yang membawa darah dari usus ke hati – red.).  Lemak ini relatif resisten terhadap kerja insulin (hormon yang mengatur metabolisme karbohidrat).

“Semakin banyak jumlah lemak visceral ini, maka semakin buncit seseorang,” ujarnya. Ditegaskan, banyaknya lemak visceral itu berkorelasi dengan tingkat kebuncitan perut.

Dokter lulusan Universitas Padjajaran tersebut mengungkapkan bahwa dari dua jenis lemak yang menggelembungkan bentuk perut, lemak visceral lebih berbahaya. Sebab, terkait dengan metabolisme seperti resistensi insulin, diabetes, serta sistem peredaran darah.

Dokter yang bekerja untuk RS Sari Asih, Tangerang, ini mengungkapkan semakin buncit seseorang, semakin tinggi kemungkinan mengalami resistensi insulin. Kondisi ini bisa menimbulkan beberapa penyakit. Selfie melanjutkan, penyakit yang rentan terhadap perut buncit di antaranya penyakit jantung, stroke, beberapa jenis kanker, diabetes tipe 2, serta kekebalan insulin. “Memang orang buncit itu mendapat risiko lebih dari penyakit. Itulah mengapa perut buncit perlu dikhawatirkan,” tandasnya.

Bagaimana mengatasinya? Berikut ini tips dari dr. Selfie C. Rijal:

1. Makan lemak sehat
Percaya atau tidak, program diet rendah lemak tidak akan menghilangkan perut buncit. Profesor Mehmet Oz, M.D dari Colombia University mengungkapkan hal tersebut. Yang benar adalah berhenti mengonsumsi nasi putih dan menggantinya dengan roti gandum murni. Makanlah dengan lemak sehat seperti alpukat dan minyak zaitun.

2. Turuti keinginan tubuh
Studi dari American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa jika seseorang mengikuti apa keinginan tubuhnya saat lapar, ia justru cenderung makan lebih sedikit dalam jangka waktu tertentu. Saat seseorang ngidam makan burger keju, mungkin ia akan makan selama beberapa hari dan kemudian tubuh akan merasa bosan dan mengurangi permintaan akan makanan tersebut. Pastikan porsinya tidak berlebihan.

3. Atur porsi makan
Studi yang dilakukan Krista Varady, asisten profesor nutrisi di University of Illinois, Chicago menemukan orang yang mengurangi porsi makan hariannya hingga 25 persen, berat badannya berkurang hingga 15 kg dalam 8 minggu. Begitu pula saat akhir pekan, makan yang terkontrol juga bisa membantu seseorang mengurangi berat badan cukup signifikan.

4. Sit-up tidak hilangkan lemak
Sebanyak apapun sit-up yang Anda lakukan, ia tidak akan membasmi lemak di perut. Ia akan menguatkan otot namun lemak sulit terbakar hanya dengan sit-up. Sebaliknya, Anda harus melakukan latihan menyeluruh di otot besar lainnya seperti kaki, bahu, dada dan lainnya agar proses pembakaran lemak lebih maksimal.

5. Banyak latihan kardio
Jika Anda sudah menguatkan otot besar dengan latihan beban, maka berikutnya bisa mempercepat proses pembakaran lemak dengan latihan kardio. Lari atau aerobik membantu membakar kalori berlebih jika diimbangi dengan membatasi lemak buruk yang dikonsumsi.

6. Jangan kurang/kelebihan tidur
Kurang tidur akan membuat metabolisme tubuh melambat sehingga sulit membakar lemak, sedangkan kelebihan tidur membuat tubuh menjadi pasif dan terbiasa untuk tidak banyak bergerak. Keduanya memicu penumpukan lemak dalam waktu yang lebih cepat.

7. Stop minum minuman bersoda (bahkan soda berlabel “Diet”)
Studi 10 tahun yang dilakukan oleh University of Texas menemukan orang yang rutin minum soda diet justru menggemuk lebih cepat ketimbang yang tidak minum. Hal ini disebabkan pemanis buatan dalam soda membuat perut lebih cepat buncit dan membuat rasa lapar lebih mudah datang. Gantilah minuman ini dengan teh atau air lemon murni.

8. Meditasi
Tahukah Anda, saat berdoa dan bermeditasi, hormon stress kortisol akan berkurang produksinya? Ya, inilah hormon yang menyebabkan perut buncit. Jadi, hindarilah stress, perbanyak berdoa dan bermeditasi untuk menenangkan pikiran dan jiwa. Hanya 15 menit sehari, sudah cukup membantu.

9. Gula yang tepat
Memakan makanan manis sudah menjadi gaya hidup orang Indonesia, namun Anda bisa memilih rasa manis yang tepat. Buah memiliki gula alami, begitu pula dengan madu. Saat Anda memakan makanan mengandung gula seperti keripik dan nasi putih, sebagian besar kalori yang masuk berubah menjadi lemak perut.

10. Berolahraga dengan cerdas, bukan dengan keras
Setelah lemak perut mulai berkurang, saatnya untuk memulai latihan perut. Berlatihlah dengan merasakan kontraksi, bukan berlebihan. Otot perut yang kencang akan membantu Anda tampil lebih fit dan segar.

Jadwal Menu Makanan Yang Harus Dimakan Saat Diet

Selain cara diatas ada daftar makanan dari saya untuk kalian yang sedang giatnya menurunkan berat badan baik para wanita maupun laki-laki, yang mungkin ini bisa dilakukan jika kalian bisa bertahan dan komitmen untuk melakukan diet secara sehat..
Inilah Resep Menu Makanan Yang Harus Di Makan Sehari-hari :

Hari Senin- Minggu

Sarapan pukul 07.00 WIB

1 telur rebus (matang)

1 cup oatmeal/sepotong roti

1 sendok madu

*bila sudah terbiasa dilakukan, maka akan merasa kenyang apabila kita memakan menu sarapan tersebut.🙂

Cemilan pukul 11.00 WIB

buah bervitamin seperti Jeruk, apel, alpukat,pepaya, pisang dll, atau roti gandum.

yang penting, makan buah kurangi konsumsi snack ringan yang banyak msg atau coklat,,🙂

Makan Siang pukul 13.00 WIB

setengah porsi nasi dari biasa yang kita makan (kalau bisa nasinya dari beras merah)

1 cup sayur (harus ada sayuran hijau dan kuah dari sayur tersebut)

untuk lauk bisa 1 tempe/ 1 ikan  /1 daging

Cemilan pukul 16.00 WIB

buah bervitamin seperti Jeruk, apel, alpukat,pepaya, pisang dll.

atau bisa dibuat menjadi jus buah, tetapi jangan menggunakan air es..

yang penting, makan buah kurangi konsumsi snack ringan yang banyak msg atau coklat,,🙂

Makan Malam pukul 19.00 WIB

1 daging ayam/ daging tanpa nasi

1 cup sayur

Sebelum Tidur pukul 21.00 WIB

usahakan minum susu rendah lemak dan langsung menggosok gigi, agar kita tidak merasa ingin makan lagi.

*apabila dipagi hari anda membutuhkan ekstra tenaga maka menu sarapan dapat diganti dengan menu makan siang, yang terpenting mulai makan malam. Kurangin makanan yang berkabohidrat tinggi dan lemak seperti nasi, coklat, tempe, tahu, dll. Stop memakan cemilan seperti snak ringan yang mengandung coklat pada pukul 18.00- pagi hari.  Intinya malam hari usahakan jangan banyak makan, jika anda ingin makan snack seperti coklat maka dapat dimakan pada waktu antara pagi sampai sore. Untuk diet sehat harus rutin makan bukan malah seharian tidak makan apapun, sehingga perut kosong seharian.😦

Ini akan membuat nafsu makan anda bertambah menjadi 2x lipat sehingga anda akan banyak makan pada malam hari. Untuk itu mulailah mengurangi porsi makan pada malam hari, dengan cara makan rutin rendah lemak dan karbohidrat. Makan harus tepat waktu dengan setiap pukul berapa anda makan jangan diulur-ulur waktu makan anda sehingga, anda akan makan terlalu banyak.
Selamat Mencoba..🙂
*agar lebih afdhol jikalau dibarengin dengan olah raga rutin seminggu 3x aerobik atau lari-lari dan minumlah banyak air mineral sebanyak 8 gelas..

Cara Diet Sederhana

1. Kenali tubuh kita

2. Makan secara teratur dan secukupnya jangan terlalu kekenyangan atau berlebihan

3. Konsumsi banyak buah & sayur

4. Always Have Breakfast (Sarapan Pagi)

5. Perbanyak minum air putih

6. Olah raga pagi dan sore

7. Jangan terlalu banyak makan dan mium yang mengandung gula

8. Gosok gigi setiap selesai makan

9. Teruslah berusaha, bulatkan tekad, dan pantang menyerah

10. Bila kondisi tubuh tidak kuat menerima cara diet tersebut maka segera kembali seperti semula, JANGAN DIPAKSAKAN..🙂 karena anda yang mengetahui kondisi tubuh anda. okey🙂

Referensi : Diambil dari berbagai sumber.

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: